Minggu, 21 Februari 2016

Khasiat Ampuh Putri Malu, Menuntaskan Penyakit Herves, Batuk Berdahak, Insomnia Dan Bronkitis

ilustrasi-tanaman-putri-malu_20151015_154256
Tanaman ini adalah salah satu tanaman unik yang mungkin saja tumbuh di seputar halaman rumah Anda. Apabila tersentuh sesuatu, daun-daunnya bakal mengatup sendiri. Tanaman bernama putri malu ini banyak kita jumpai di tanah kosong atau di pinggir-pinggir jalan.

Awas, walau namanya putri malu tanaman ini berduri tajam seperti tanaman mawar. Putri malu atau Mimosa pudica di barat dikenal dengan sebutan cemara kecil (small evergreen). Tanaman ini memiliki berapa nama panggilan, touch-me-not, dan sensitive plant.

Namun tahukah Anda bahwa tanaman putri malu bisa mengobati bermacam penyakit? Ya, putri malu mempunyai kandungan tanin, mimosin, asam pipekolinat, dimana beberapa zat itu bisa dipakai buat perlindungan kesehatan.

Tanin sering dipakai sebagai obat peradangan dan keputihan serta bisa digunakan untuk membantu melangsingkan tubuh. Mimosin yaitu zat kimia yang mempunyai kandungan zat aktif satu diantaranya nitrogen, oktigen, hidrogen, carbon dan sulfur. Zat-zat itu sangat bermanfaat untuk tubuh.

Diantara kegunaan putri malu diantaranya : 

1. Berguna untuk obat batuk berdahak
Caraya, rebuslah 10 sampai 15 gram akar tumbuhan putri malu, selanjutnya diminum.

2. Menangani permasalahan Insomnia (susah tidur)
Langkahnya, cukup rebus 30 sampai 60 gram daun putri malu, lantas diminum.

3. Mengobati Bronchitis Kronik
Bronchitis Kronik atau penyakit permasalahan pada paru-paru adalah penyakit ganas. Untuk mengobatinya rebuslah 60 gr putri malu dengan air beberapa 600cc, di rebus dengan api kecil biarlah hingga airnya tersisa kira-kira 200cc, dan minumlah airnya 2 kali waktu pagi dan sore hari.

4. Berguna untuk penyakit Herpes
Langkahnya, ambil dan bersihkan daun putri malu sekedarnya. Rebus dengan air manfaatkan panci stainless hingga mendidih, lalu gunakan rebusan air itu untuk mandi dan basuhkan bagian-bagian tubuh yang diserang virus.

Tersebut sederet kegunaan tanaman putri malu untuk kesehatan, yang ditulis dari tribunnews. com
Jadi, mulai saat ini janganlah cuman berpikiran tanaman ini juga sebagai tanaman liar, namun coba khasiatnya untuk kesehatan Anda. Mudah-mudahan berguna. (*)

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner