Jumat, 22 Januari 2016

Jangan Suka Ngintip, Nanti Matanya Bintitan, lho!... Apa Ini Benar...?

Sering kali kita mendengar orang berkata, “Jangan suka ngintip, nanti matanya bintitan, lho! ” Sesungguhnya apakah itu bintitan? Mengapa mengintip satu hal dihubungkan dengan bintitan? Apakah ini kenyataan dan bukanlah mitos? Itu penuturannya :

Dalam dunia kedokteran, bintitan atau hordeolum yaitu tonjolan kecil yang tumbuh di seputar mata dan sepintas terlihat seperti bisul. Bintitan berlangsung dikarenakan infeksi bakteri pada kelenjar sebasea di kelopak mata.

Umumnya bintitan diisi nanah jika jadi tambah besar dapat menghalangi mata terbuka dengan cara maksimal, hingga bikin pasien susah untuk lihat. Bintitan bisa pula mengakibatkan permasalahan kelenjar meibom pada mata, sampai produksi susunan lemak terganggu dan menyebabkan air mata cepat menguap atau mata kering.
Ada dua type hordeolum, yakni hordeolum eksternal dan hordeolum internal. Itu penuturannya :

Hordeolum Eksternal
Hordeolum eksternal awalannya berupa tonjolan kecil di dekat bulu mata. Lama-lama ia akan memerah dan mengakibatkan rasa sakit selama demikian hari sebelum selanjutnya pulih dengan sendirinya. Beberapa hordeolum eksternal berumur pendek, namun pada beberapa permasalahan ada yang butuh memerlukan perawatan dokter.

Hordeolum Internal
Disamping itu, hordeolum internal yakni hordeolum yang terbentuk pada kelenjar yang lebih dalam. Gejalanya lebih berat dan tak kerap pecah dengan sendirinya. Oleh karena itu, biasanya dokter akan menyayatnya supaya nanahnya bisa keluar.
Tersebut disini beberapa aspek pemicu timbulnya bintitan, diantaranya :

1. Kebersihan yg tak terjaga
Seputar 90% hingga 95% permasalahan hordeolum karena oleh bakteri Staphylococcus aureus. Pemicu lain yakni Staphylococcus epidermidis, Streptococcus, dan Eschericia coli. Menyentuh mata dengan tangan kotor dapat mentransfer bakteri ini ke kelopak mata.

2. Peradangan kelopak mata
Peradangan gawat sepanjang tepi kelopak mata yang karena oleh kondisi yang disebut blepharitis dapat bikin bintitan, begitupun sebagian penyakit mata yang lain.

Jadi, tak ada kaitan pada mengintip suatu hal atau seorang dengan bintitan.

Supaya Anda lepas dari bintitan, sebaiknya Anda selalu bersihkan tangan sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur untuk singkirkan debu dan minyak yang menumpuk, serta optimis peralatan rias yang berkenaan dengan mata senantiasa steril.

Langkah yang bisa dikerjakan apabila Anda sudah telanjur menanggung derita hordeolum yakni dengan memoleskan salep antibiotik pada tonjolan. Janganlah lupa untuk mengompresnya dengan air hangat bila tonjolan terasa nyeri, panas, atau keluarkan nanah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner