Rabu, 24 Februari 2016

Faktanya Makan Pakai Tangan Terbukti Lebih Sehat, Jangan Gengsi Di Bilang Kampungan !! Yang Penting Kesehatan Yang Di Utamakan

Makan dengan menggunakan tangan di jaman sekarang sering dianggap " kampungan " dan ketinggalan jaman. Namun, cara yang dianggap primitif itu ternyata adalah cara makan yang paling sehat, dan percaya atau tidak, cara itu ternyata dapat menjaga kondisi kesehatan Anda.

Faktanya Makan Pakai Tangan Terbukti Lebih Sehat, Jangan Gengsi Di Katakan Kampungan!!

Seperti dilansir dari situs healthierwayoflife. com, ditulis disana kalau hal ini yaitu penemuan di bagian kedokteran yang sangat mencengangkan di zaman ini.

Sebenarnya, 1500 tahun yang lalu, Rasulullah SAW sudah terlebih dahulu mencontohkannya kepada kita, seperti ditulis dalam satu hadits,

Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya ia mengatakan, “Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari itu sebelum dibersihkan. ” (HR. Muslim)

Berikut adalah beberapa manfaat makan menggunakan tangan tanpa sendok dan garpu, seperti ditulis dari healthierwayoflife. com :
Mencegah Diabetes Type 2
Orang-orang yang makan dengan cepat beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Umumnya, bila Anda menggunakan garpu dan pisau maka Anda makan lebih cepat daripada makan dengan tangan.

Faktanya, Anda bisa kenyang cuma dengan menyantap sepotong irisan makanan ketika makan dengan tangan Anda.

Sementara bila makan menggunakan garpu, anda bisa saja mengambil 5 - 6 potong sekalian.

Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi penelitian dalam ilmu kedokteran membuktikan kalau, makan dengan jari-jari tangan dapat meningkatkan kinerja system pencernaan.

Ketika Anda mencuci tangan dengan sabun, semua bakteri jahat akan hilang, sedangkan bakteri baik tetap ada di tangan, yang bisa sangat sehat untuk usus Anda.

Selain itu, makan dengan jari-jari tangan bisa mengirimkan sinyal ke otak mengenai makanan yang Anda makan, apakah itu padat atau lembut, panas atau dingin, sehingga dapat lebih mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan itu.
Mencegah Makan Terlalu Banyak
Mereka yang makan dengan jari tangan memiliki berat badan yang ideal karena mereka tidak makan terlalu banyak.

Makan dengan menggunakan jari tangan sangat baik untuk dilakukan, terutama oleh anak-anak, Karena orang-orang yang makan sambil melakukan sesuatu yang lain, seperti menonton TV, bakal makan lebih banyak daripada mereka yang fokus makan.

Sewaktu anda makan menggunakan jari-jari tangan, tentu anda tak bisa melakukan aktifitas lain karena tangan Anda tak bersih karena sibuk mengambil makanan.
Oleh karena itu, Anda cuma akan terfokus pada aktifitas makan serta Anda akan tahu berapa banyak makanan yang Anda makan dan kapan saatnya untuk berhenti.

Hikmah Sunnah Makan dengan Tangan

Diantara sunnah Nabi yang kerap ditinggalkan, yaitu makan dengan memakai tangan kanan dengan tiga jari.

Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau menyampaikan ; “Rasulullah makan dengan memakai tiga jari tangan kanan serta menjilati jari-jari itu sebelumnya dibikin bersih. ” (HR Muslim)

Tiga jari yang disebut yaitu, jari tengah, jari telunjuk, serta jempol, lantaran hal itu tunjukkan tak rakus serta ketawadhu’an. Tetapi hal semacam ini cuma berlaku untuk makanan yang dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari. (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243)

Mengenai makanan yg tidak dapat dikonsumsi dengan memakai tiga jari, jadi diijinkan untuk memakai kian lebih tiga jari, umpamanya nasi.

Yaitu satu kebodohan bila sunnah Nabi yang satu ini kita tinggalkan, Lantaran riset dalam pengetahuan kedokteran menunjukkan kalau dalam tangan, ada satu enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri, hingga tingkat aktivitasnya begitu rendah saat masuk berbarengan makanan ke saluran pencernaan badan..

Maksud paling utama enzim RNAse ini yaitu untuk mendegradasi RNA, hingga yang tinggal dari satu sel hidup yaitu DNA-nya. Enzim ini senantiasa ada pada jari-jari serta telapak tangan manusia, hingga sistem penyuapan makanan kedalam saluran pencernaan bakal mengikutkan enzim yang dapat mengikat sel bakteri supaya aktivitasnya tak optimal.

Demikian makanan masuk ke saluran pencernaan, jadi enzim ini bakal turut mengikat gerakan bakteri sampai ke saluran pembuangan. Demikian sebaliknya, bila manusia makan memakai alat penghubung seperti sendok, jadi tak ada yang dapat menahan laju kegiatan bakteri yang terdapat, baik di makanan atau alat makan tersebut.

Bagaimana.. Apakah anda tetaplah menginginkan memakai sendok sesudah tahu faedah serta keutamaan makan gunakan tangan? Pilihan ada di tangan anda..

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner